Thursday, November 14, 2013

Student Exchange ke Jepang ^_^ : Mau pilih ACAP atau YSEP ???

Setelah di posan sebalumnya saya banyak bahas soal step by step kalo mau exchange ke Jepang, sekarang saya bakal bahas lebih spesifik soal program pertukaran pelajar yang sedang saya dan geng YSEP/ACAP 2013 Indonesia lainnya (total bersembilan) ikuti di Tokyo Institute of  Technology (alias: Tokodai).

Tokodai sendiri menawarkan secara garis besar 2 program student exchange, ada yang namanya YSEP (Young Scientist Exchange Program) yang udah cukup lebih beken dan yang satunya ACAP (Academic Cooperation Agreement Program). Dulu pas mau nge apply saya super bingung...ini bedanya apa sih 2 program ini, terutama buat ACAP yang informasinya masih dikit banget. Haha saya coba tanya ke petugas di kampus juga #kurang menjawab dan masih super ambigu. Bahkan boleh dibilang....karena sangking bingungnya dan less information, saya ga konsisten milih program, awalnya ACAP...eh terus ngelamar YSEP...eh terus pas ngisi formulirny dikasih ACAP...eh terus dapet email dari Tokodai kalo di surat dari ITB saya masuk ke list YSEP tapi lembar registrasinya ACAP. Puyeng pokoknya....saya ga nyalahin siapa-siapa, yang pasti akhirnya Allah menakdirkan saya buat tergabung di program ACAP (Academic Cooperation Agreement Program).

Sebelum ngejelasin lebih lanjut, saya mau kasih tau dulu kalo buat sekolah di Jepang, dalam 1 tahun semester itu dibagi jadi 2, yaitu Spring Semester (dimulai dari bulan April) dan Autumn Semester (dimulai dari bulan Oktober). Tapi, untuk program YSEP dan ACAP ini sendiri dari sekitar bulan September atau bulan Maret karena buat persiapan awal, administrasi, registrasi, dll. Detailnya bakal saya jelasin di masing-masing program.

ACAP (Academic Cooperation Agreement Program)
ACAP ini kayaknya program exchange yang belum lama ada di Tokodai. Bedanya sama YSEP adalah kalo di YSEP udah ditentuin banget mau ngambil YSEP 6 bulan atau 12 bulan dan juga wajib riset plus ngambil 2 kelas wajib yang tadi disebutin di atas. sedangkan kalo untuk ACAP intinya kamu bisa BEBAS. Haha...karena ya kayak nama programnya aja "Academic Cooperation Agreement Program" dimana program exchange yang bakal kamu lakuin itu ya tergantung "Perjanjian kamu sama sensei yang nerima kita jadi mahasiswanya". 
  • Makanya, salah satu prosedur paling penting dari ikutan ACAP itu ya sebelumnya kita harus cari dulu Profesor alias sensei alias academic advisor yang bakal mau nge "host" kamu di laboratoriumnya. Untuk informasi soal laboratorium yang bisa dipilih ya liat-liat aja di website nya Tokodai  http://www.titech.ac.jp/english/about/organization/index.html . Haha salah satu tantangan awal kalo mau ikut program ini adalah kita harus usaha dan berani plus menemukan cara gimana buat nemuin sensei yang mau nampung kita di Tokodai. Nah...kalo udah nemu, kemungkinan besar sama Tokodai bakal diterima  buat ikutan program ACAP. Haha tapi seru kok, pengalaman banget ditolak dan kalo pas diterima biasanya seneng banget. 
  • Selain itu, pas ngisi formulir buat daftar program ACAP, kita disuruh ngisi study plan yang isinya kira-kira di Jepang kita mau ngapain aja dan kalo riset misalnya riset tentang apa. Ga yperlu ang ribet-ribet dan panjang lebar kayak bikin proposal riset sih, singkat aja cuman sekitar 1-2 halaman dan yang penting cukup jelas.
  • KITA SENDIRI  yang nentuin mau berapa lama kita mau ikutan jadi mahasiswa di Tokodai, jangka waktunya suka-suka boleh dari minimal 1 bulan sampai maksimal 1 tahun terus baru diomongin ke sensei nya...kalo setuju ya bakal diterima. Selain itu untuk waktu enrollmentnya juga GA DITENTUIN...bebas aja kita mau masuk dari bulan apa dan berapa lama...asal sensei setuju aja. :)
  • Khusus untuk ACAP, program beasiswa dari JASSO cuman dikasih buat mahasiswa yang minimal ikutan program selama 6 bulan dan selain itu ternyata buat ACAP beasiswanya terbatas banget gak kayak YSEP yang lebih diutamain. Makanya, banyak anak-anak ACAP terutama yang dari Eropa mereka pake uang mereka sendiri lho (tanpa beasiswa) haha kalo saya sih ga bisa ngebayangin kalo harus bayar kehidupan saya sendiri disini..bahkan buat 1 bulan pun.
  • Untuk anak ACAP ga ada kewajiban tertentu buat ngambil berapa SKS atau harus riset dan lain-lain...seperti yang saya bilang suka-suka aja asal sensei kita ngijinin buat ngelakuin itu. Jadinya, ada anak-anak ACAP yang milih buat ngambil kuliah aja tanpa penelitian, ada juga yang research aja tapi ga ngambil kuliah sama sekali, ada juga yang dua-duanya, bahkan saya pernah denger ada yang agak #gabut...jadi kerjaannya main aja wkwk. Hahaha tapi entah bener atau enggak...buat ACAP ini emang dikembaliin ke diri kita masing-masing jadinya, kita pengen dapet apa aja atau pengalaman apa aja sih selama di Tokodai, intinya konon tujuan program exchange ini emang cuman buat kita ngerasain "feel" jadi mahasiswa di Tokyo Tech ini. 
Enaknya ikutan ACAP adalah  bener-bener bisa kita sesuaiin kita maunya kayak apa, mau sibuk atau enggak, mau ngambil kuliah apa aja, dan lain-lain yang menjunjung tinggi kebebasan. Haha yang ga enak dari program ACAP ini adalah karena semuanya serba bebas...jadi kadang suka jadi bingung sendiri atau kurang dapet info-info soal hal-hal di luar akademik, kayak program homestay, pertukra kebudayaan, dll jadi emang harus sering rajin cari-cari sendiri ikut milis news International student center, atau kalo saya sih gampang karena temen-temen saya anak YSEP..jadi bisa suka tetep up to date.Dan selain itu, sesama anak ACAP biasanya ga terlalu kenal atau deket karena emang jarang ketemu dan kerjanya di tempat lab masing-masing. Setelah pertemuan awal buat orientasi...kita langsung dilepas gitu aja ke masing-masing senseinya ga ada acara khusus gathering buat pembukaan, penutupan, dll karena kan emang beda-beda waktu enrollmentnya.

YSEP (Young Scientist Exchange Program)
Ga kayak ACAP yang kayaknya belum terlalu beken, program YSEP ini bisa dibilang udah lama banget diadain sama Tokodai sebagai program pertukaran mahasiswa dari tahun 2000. Karena udah lama, boleh saya bilang program exchange yang satu ini cukup beken dan gampang dicari infonya kemana-mana (apalagi alumni dan anggotanya diharusin bikin blog) dan lebih established dalam suatu sistem yang tertata rapi dibandingin ACAP. Intinya program YSEP yang ditawain itu cuman ada 2 jenis dan 2 tenggat waktu, yaitu
1. YFR (YSEP Focus on Research) yang diperuntukkan buat mahasiswa yang mau ikutan program YSEP selama 1 tahun (baca: 2 semester)
2. YEJ (YSEP Experiencing Japan) yang diperuntukkan buat mahasiswa yang mau ikutan program YSEP selama 6 bulan (baca: 1 semester).
Biasanya, untuk mahasiswa dari Indonesia, program YSEP yang diikutin itu dimulai dari pertengahan atau akhir September alias enrollment di Autumn Semester. Walaupun sebenernya dari Tokodai sendiri ada yang boleh masuk dari Spring Semester (dimulai dari tengah atau akhir Maret)...tapi untuk mahasiswa Indonesia setau saya kebanyakan masuk pas Autumn Semester karena mungkin sesuai pas sama kurikulum Indonesia dimana kenaikan kelas biasanya sekitar bulan Agustus. Nah, untuk anak anak YSEP, selama September ini biasanya ditawarin buat ikut kelas bahasa Jepang "Japanese Survival Class" alias belajar bahasa Jepang singkat (sekitar 5 hari ) dan yang penting-penting aja buat keberlangsungan hidup disini (kayak hiragana/katakana, angka, hari, dan ungkapan-ungkapan umum bahasa Jepang) walaupun ga wajib. Jadi, yang mau ikut kelas bahasa Jepang biasanya bakal disuruh dateng pertengahan September, kalo yang gak ikut ya disuruh dateng sekitar akhir September. Selama bulan September, berhubung belom mulai kuliah (kuliah baru dimulai bulan Oktober) biasanya cuman kayak perkenalan awal sama lab dan sensei, ngurus-ngurusin surat yang seabrek, dan lain-lain. 

Nah untuk program YSEP ini, yang wajib dilakuin adalah kombinasi dari riset/penelitian dan juga harus ngambil 2 kelas yang cukup menarik -relatif- (kuliah "Topics on Japan" yang belajar soal Jepang dan juga diselingi presentasi tentang negara masing-masing peserta YSEP dan juga kuliah "Study on Japanese Companies and Industries" yang kerjaannya jalan-jalan ke industri industri di Jepang alias factory tour). Sisanya? Bebas...boleh ga ngambil mata kuliah lain, kebanyakan ngambil kelas bahasa Jepang, ada juga yang tetep ngambil kuliah lain dari jurusannya masing-masing.

Jadi intinya, untuk YSEP programnya lebih jelas dan terarah dimana harus ngambil 8 sks tiap semester (4 kredit riset, 2 TOJ, dan 2 SJCI). Untuk riset sendiri, bentuknya bisa macem-macem, bisa mandiri ataupun kayak ngebantuin suatu projek dan biasanya bakal diomongin lebih lanjut sama sensei pas udah dateng kesini) dan di akhir semster ada yang namanya Sotsuron alias presentasi akhir hasil penelitian.

Nah, untuk program YSEP ini biasanya kalo udah keterima nanti kita disuruh milih 3 pilihan laboratorium alias sensei tempat kita mau gabung di Tokodai. Ga kayak di Indonesia, di Jepang sistem pembagian tempat belajar ya dari pembagian laboratorium. Untuk info laboratorium atau sensei siapa yang kira-kira bakal cocok sama kita biasanya diliat-liat aja di website. Nah nanti dari 3 pilihan itu, sama YSEP atau suatu sistem yang ada di Tokodai bakal dipilihin dan ditentuin akhirnya tergabung di laboratorium alias sensei utamanya siapa. Jadi ga perlu gehubungin sensei nya langsung dan ga perlu bikin study plan atau rencana penelitiannya dulu..biasanya bakal ditentuinnya nanti pas uda sampe di Jepang.

Enaknya program ini adalah semuanya terprogram dan berhubung memang ada sensei khusus yang bertanggung jawab ke program ini, plus langsung berhubungan sama International student center, jadi info soal acara-acara ISC yang berbau non akademik suka lebih teruptodate. Bahkan emang YSEP udah ada kayak jaringan alumni nya gitu juga dari taun ke taun. Selain itu juga karena anak anak YSEP sering ada kelas bareng,,,jadi biasanya sesama anak YSEP itu lebih kenal dan jadi makin banyak nambah temen dari berbagai negara.

Pertanyaan lain yang sering diajuin soal program ini adalah 
"Penelitiannya Bisa Jadi SKS alias "bernilai" di Indonesia gak?"
Jawabannya adalah TERGANTUNG. Tergantung apa? Ya tergantung kelas dan penelitian yang kamu ambil selama di Tokodai dan tergantung kebijakan kampus, dosen pembimbing, dan jurusan kamu di kampus yang di Indonesia. Beberapa senpai saya satu jurusan yang ikut program2 exchange di Jepang ada yang bisa ngejadiin penelitiannya selama di Tokodai buat jad Tugas Akhir Skripsinya...jadinya pas sampe ke ITB lagi ga usah penelitian TA...tinggal ngambil kuliah yang belum, seminar, dan sidang. Tapi kelas, kredit, alias SKS yang dia ambil di Tokodai ga bisa ditransfer jadi SKS di jurusan. Ada juga yang sebaliknya, SKS kuliah bisa ditransfer tapi penelitian ga bisa. Haha sekali lagi bener-bener TERGANTUNG. Ada baiknya juga mungkin sebelum berangkat exchange ke Jepang coba tanya-tanaya senior yang dulu pernah punya pengalaman yang sama atau nanya ke dosen.
Status kita disini apa? Double degree?
Haha jawabannya adalah ya status mahasiswa ACAP dan YSEP itu ya International Exchange Students (non-degree) jadi kita ga dapet ijazah kelulusan sarjana dari Tokodai atau apapun itu yang disebut double degree. Ya, exchange menurut saya emang yang penting bukan ngejer degree tapi ngejer pengalaman alias life expereince. Walau ga dapet ijazah kelulusan sarjana atau ikut wisuda bareng anak-anak yang degree student lain, disini kita bisa dapet sertifikat enrollment program dan juga transkrip akademik kita. :)

Ya, sekian info singkat dari saya soal ACAP dan YSEP....Saya cuman berharap setidaknya bermanfaat dan ga makin banyak orang yang smpet bingung milih kayak saya hihi. Jadi, mana yang lebih bagus? Ya semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing masing....jadi terserah aja enaknya mau yang mana. Mungkin kalo mau yang rada bebas ga harus ngambil ini itu saya rekomendasiin pilih ACAP, tapi buat yang pengen semuanya teratur dan terprogram mending milih YSEP. Itu pendapat saya pribadi. 

Info lebih lanjut:
Kalo ada yang masih bingung alias penasaran soal perbedaan kedua program ini bisa hubungi saya lebih lanjut ^^. 

1 comment: